Singapura Ada Merlion, Banjarmasin Punya Bekantan

Patung Bekantan yang begitu besar dibuat di tepi sungai di Banjarmasin. Patung ini pun menjadi ikon Banjarmasin dan ramai dikunjungi turis.

Kalau jalan-jalan ke Singapura tak sedikit yang ingin berfoto di depan patung Merlion. Nah kalau di Banjarmasin, ada juga saingan Merlion. Ada patung bekantan dengan air mancur menyembur dari mulutnya.

Patung tersebut diresmikan pada 10 Oktober 2015 lalu. Traveler bisa melihatnya di tepi Sungai Martapura, Jalan Kapten Pierre Tendean, Banjarmasin. detikTravel melihat langsung patung tersebut dalam rangkaian acara Media Trip Pop! Hotel Banjarmasin, Selasa (25/4/2017) kemarin.

 

 

Patung dari perunggu ini dibuat menghadap ke Sungai Martapura. Tingginya sekitar 6 meter dengan di bagian bawahnya bertuliskan ‘BAKANTAN (Nasalis larvatus) BANJARMASIN’. Dari mulutnya menyembur air mancur yang deras.

“Patung bakantan dibuat dari bahan perunggu, dalamnya berongga,” ujar Aidi, pemandu yang menemani selama perjalanan di Banjarmasin.

Di kanan kiri patung memang terbentang area yang luas, seperti area untuk duduk-duduk, berfoto, jalan kaki santai atau jogging.

“Itu ikonnya Banjarmasin, banyak yang foto-foto,” katanya.

Pengunjung sore itu pun tak sedikit yang asyik berfoto. Beberapa juga ada yang berpose seperti tersiram air yang menyembur dari mulut bekantan, gaya yang banyak dicoba turis seperti sedang di depan patung Merlion Singapura.

Nah, berkunjung ke area patung ini tidak dipungut biaya. Biasanya pengunjung ramai datang di sore hari, bersantai sambil menikmati senja yang syahdu di sudut Kota Banjarmasin.

 

sumber : detikcom / detiktravel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *